Flowchart

Halo kawan - kawan kali ini, seperti biasa saya akan memposting sebuah informasi tentang dunia IT, semoga postingan saya bermanfaat bagi kita semua karena saya pun masih belajar banyak. Tanpa basa basi lagi langsung saja ke bawah. Selamat belajar :)

Apa Itu Flowchart?

 

Flowchart atau dalam bahasa Indonesia disebut diagram alir adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.Tujuan dibuatnya flowchart yaitu untuk menyajikan suatu algoritma dengan jelas dan singkat sehingga mudah diterjemahkan kedalam bahasa pemrograman. Dalam flowchart digambarkan suatu algoritma yang sederhana, terurai, rapi dan jelas dengan menggunakan simbol - simbol standar

Ada beberapa jenis flowchart
1. Flowchart Sistem
2. Flowchart Dokumen
3. Flowchart Program
4. Flowchart Skematik
5. Flowchart Proses

Flowchart Sistem
Flowchart Sistem adalah bagan alir yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Dengan kata lain, flowchart ini merupakan dekripsi secara grafik dari urutan prosedur-prosedur yang terkombinasi yang membentuk suatu sistem.

Flowchart Dokumen
Flowchart dokumen adalah bagan alir yang menunujukkan arus dari suatu laporan dan formulir termasuk tembusan - tembusannya. Flowchart ini menggunakan simbol - simbol yang sama dengan flowchart sistem.

Flowchart Program
Flowchart Program adalah bagan alir yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. Bagan alir program dibuat dari derivikasi bagan alir sistem.
Flowchart program dapat terdiri dari dua macam, yaitu flowchart logika program dan flowchart program komputer terinci. Flowchart logika program digunakan untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara logika. Flowchart logika program ini dipersiapkan oleh analis sistem.

Flowchart Skematik
Flowchart skematik adalah bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu untuk menggambarkan prosedur di dalam sistem. Perbedaannya adalah flowchart skematik menggunakan gambar - gambar komputer serta peripheralnya guna memudahkan pemahaman orang yang kurang mengerti dengan simbol - simbol flowchart, tetapi sulit dalam penggambarannya

Flowchart Proses
Flowchart proses merupakan teknik penggambaran rekayasa industrial yang memecah dan menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem. Bagan alir proses menggunakan lima buah simbol tersendiri seperti terlihat pada tabel di bawah ini.

Flowchart Proses digunakan oleh perekayasa industrial dalam mempelajari dan mengembangkan proses-proses manufacturing. Dalam analisis sistem, flowchart ini digunakan secara efektif untuk menelusuri alur suatu laporan atau form.

Arti dari Simbol Flochart

 Contoh sederhana suatu Flowchart


Sekian Artikel mengenai Flowchart, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman - teman, baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang pemrograman. Jika teman - teman menemukan kekeliruan dan kesalahan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, saya ucapkan terimakasih sudah berkunjung kemari ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe Data dan karakter khusus C++

Instalasi dan Review Linux Ubuntu 16.04 LTS