Peran Teknologi Informasi Dalam Kehidupan (pertemuan 9)

Nama: I Nyoman Tri Aditya
NIM: 170551117
Jurusan/Fakultas/Universitas: Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah: Pengantar Sistem Teknolgi Informasi
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, ST.MT

Di zaman yang sudah modern ini dimana semua alat sudah sangat canggih, memudahkan kerja manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi semakin banyak inovasi - inovasi yang tercipta. Tanpa kita sadari setiap harinya kita sudah memakai apa yang dinamakan sebagai Teknologi Informasi. Berikut peran Teknologi Informasi dalam kehidupan sehari - hari:

Memahami Peran Sistem Teknologi Informasi dalam dunia nyata
Komputer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Komputer merupakan impresentasi dari sebuah kemajuan teknologi informasi. Secara garis besar sistem teknologi informasi tersusun atas BUS, system bilangan, komputasi, komputerisasi, cloud service, animasi, robotika, dll. Kita pasti sudah tidak asing dengan cloud service. Cloud service merupakan sebuah teknologi penyimpanan data berbasis online, sehingga tidak memakan banyak memori dari sebuah perangkat computer atau hp. Kemudian ada animasi, animasi memberikan warna dan bias dibilang merupakan tampilan dari sebuah system teknologi informasi. Tanpa animasi atau desain yang menarik tentu tidak akan diminati. Ada pula robotika, virtual reality, augmented reality yang merupakan teknologi terbaru zaman ini, dan masih terus dikembangkan

Peran SIstem Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis: Sosial Media dan E commerce
Sebenarnya social media sebagai media berbagi informasi, chatting, mencari teman, karena fungsinya itulah dimanfaatkan oleh pelaku bisnis.  Sosial media membuat bisnis anda akan semakin dikenal orang, tidak hanya daerah asal saja, bahkan bisa sampai 1 Negara atau seluruh dunia. Jauh dibandingkan dengan cara konvensional yang membuat usaha bisnis sangat sulit berkembang. Lalu ada E commerce. Pasti diantara kalian tau Lazada, Tokopedia, Bukalapak. Ya website - website tersebut merupakan e commerce. E commerce adalah sebuah teknologi transaksi jual beli berbasis online. Tidak perlu langsung bertatap muka dalam bertransaksi, cukup dengan smartphone atau computer yang terhubung internet dan kamu bisa langsung membelinya kapanpun, 24 jam! Tapi dibalik itu  semua benefit tersebut, perusahaan penyedia jasa tersebut harus menyediakan teknologi yang canggih. Contoh facebook, dengan pengguna hingga 1 milyar lebih, tentu harus memiliki teknologi canggih dan besar. Data penyimpanan atau server tidak hanya di satu tempat saja. tetapi di beberapa Negara dan data - data antara satu dan lainnya tetap terhubung. Contoh data center facebook untuk eropa berada di Kroasia. Sosial Media harus memiliki layanan server, data center, cloud computing serta keamanan system yang menjamin kenyamanan penggunanya

Peran Sistem Teknologi Informasi dalam Dunia Database: Oracle
Semua hal yang sudah dibahas diatas pastinya menggunakan pengelolaan data yang kompleks. Contoh sederhana yang sering digunakan sehari - hari adalah di minimarket atau swalayan. Pada saat hendak membayar barang belanjaan di kasir, si kasir akan mendekatkan barcode barang ke sensor dan akan muncul nama, kode, harga dari barang tersebut. Sebelumnya dibuatlah suatu system database yang mencatat semua barang sehingga terciptalah program kasir seperti itu.
Dalam skala yang lebih besar ada sebuah perusahaan dari amerika yang sudah sangat terkenal akan teknologi databasenya yaitu Oracle. Oracle adalah sebuah perusahaan jasa teknologi database yang didirikan oleh Larry Ellison. Tidak hanya menyediakan jasa pada manajemen database tetapi juga komplit dengan jasa pendukungnya, data cloud, data security, hardware. Perusahaan besar dan pemerintahan di dunia banyak yang menggunakan jasa dari Oracle ini termasuk pemerintah Indonesia. Selain Oracle ada juga MySQL yang bisa kita pelajari biasanya digunakan untuk pengembangan website dll.

Peran Sistem Teknologi Informasi dalam Dunia Pemrograman
Pemrograman adalah dasar yang membangun dari sebuah teknologi sehingga bisa berjalan dan digunakan. Aplikasi dan software yang digunakan sehari - hari merupakan susunan program yang dibangun. Untuk dapat membangun sebuah aplikasi diperlukan IDE. IDE atau Integrated Development Environtment merupakan tools (alat) bagi programmer menuliskan kode program yang dibuatnya serta compiler, debugger, dll, yang membantu pekerjaan programmer. Contoh IDE; NetBeans, Eclipse, Android Studio. Adapun pemrograman yang berkembang saat ini antara lain; Visual programming yang berfokus pada pembuatan animasi berbasis desktop, Mobile programming berfokus pada pembuatan aplikasi berbasis mobile, serta Game programming yang berfokus pada pembuatan dan pengembangan game berbasis mobile maupun desktop.

Referensi;
Oracle Corporation dalam Wikipedia https://en.wikipedia.org/wiki/Oracle_Corporation
I Putu Agus Eka Pratama, ST MT;Database, Pemrograman, Operasi Sistem, dan Networking; Pertemuan 9

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flowchart

Tipe Data dan karakter khusus C++

Instalasi dan Review Linux Ubuntu 16.04 LTS