Algoritma



Halo sobat sebangsa dan setanah air, kali ini saya ingin menjabarkan tentang “Apa itu Algoritma?” tanpa basa – basi lagi langsung saja ke bawah 😊
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Dalam beberapa konteks, algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu. Sederhananya algoritma itu sama dengan “resep makanan”, dimana harus dilakukan step by step dari nomor 1,2,3, dst. Kalo tidak sesuai urutan pastinya masakannya tidak jadi atau rasanya jelek. Begitu pula dengan algoritma, untuk dapat hasil yang sempurna, tentunya langkah – langkahnya harus benar.
Program = Algoritma + Bahasa (Struktur Data)
Bagaimanapun juga struktur data dan algoritma berhubungan sangat erat pada sebuah program. Algoritma yang baik tanpa pemilihan struktur data yang tepat akan membuat program menjadi kurang baik, demikian juga sebaliknya.
Pembuatan algoritma mempunyai banyak keuntungan di antaranya :
Pembuatan atau penulisan algoritma tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun, artinya penulisan  algoritma independen dari bahasa pemrograman dan komputer yang melaksanakannya.
·         Notasi algoritma dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman.
·         Apapun bahasa pemrogramannya, output yang akan dikeluarkan sama karena algoritmanya sama.
Hal – hal  yang perlu diperhatikan dalam membuat algoritma :
  • Teks algoritma berisi deskripsi langkah-langkah penyelesaian masalah. Deskripsi tersebut dapat ditulis dalam notasi apapun asalkan mudah dimengerti dan dipahami.
  • Tidak ada notasi yang baku dalam penulisan teks algoritma seperti notasi bahasa pemrograman. Algoritma itu bersifat umum, dapat ditulis dengan Bahasa manusia atau disajikan dalam bentuk flowchart
  • Notasi algoritma disebut algoritmik. Algoritmik bukan merupakan bahasa pemrograman, karena itu pseudocode dalam notasi algoritmik tidak dapat dijalankan oleh komputer. Agar dapat dijalankan oleh komputer, pseudocode dalam notasi algoritmik harus diterjemahkan ke dalam suatu Bahasa pemrograman.
  • Perlu diingat bahwa algoritma tidak ada notasi baku sedangkan Bahasa pemrograman sangat terikat dengan tata bahasanya
Dalam menerjemahkan Algoritma ke dalam Bahasa pemrograman perlu diperhatikan:
a.  Pendeklarasian variabel
Untuk mengetahui dibutuhkannya pendeklarasian variabel dalam penggunaan bahasa pemrograman apabila    tidak semua bahasa pemrograman membutuhkannya.


b.  Pemilihan tipe data
Apabila bahasa pemrograman yang akan digunakan membutuhkan pendeklarasian variabel maka perlu hal ini dipertimbangkan pada saat pemilihan tipe data.
c.  Pemakaian instruksi-instruksi
Beberapa instruksi mempunyai kegunaan yang sama tetapi masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.
d.  Aturan sintaksis
Pada saat menuliskan program kita terikat dengan aturan sintaksis dalam bahasa pemrograman yang akan digunakan.
e.  Tampilan hasil
Pada saat membuat algoritma kita tidak memikirkan tampilan hasil yang akan disajikan. Hal-hal teknis ini diperhatikan ketika mengkonversikannya menjadi program.
f.  Cara pengoperasian compiler atau interpreter.
Bahasa pemrograman yang digunakan termasuk dalam kelompok compiler atau interpreter.
Contoh Algoritma:
A.      Menghitung Luas persegi panjang dengan Bahasa manusia (resep)

1.       Masukkan panjang ← 10
2.       Masukkan lebar ← 5
3.       Hitung dengan rumus panjang x lebar
4.       Tampilkan Hasil dari luas persegi panjang tersebut

B.      Menghitung Luas Persegi panjang dengan Flowchart (Bagan Alir)


Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa pemrograman C++ misalnya maka akan jadi seperti ini

Sekian Artikel mengenai Algoritma, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman - teman baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang pemrograman. Jika teman - teman menemukan kekeliruan dan kesalahan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, saya ucapkan terimakasih sudah berkunjung kemari ^_^



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flowchart

Tipe Data dan karakter khusus C++

Instalasi dan Review Linux Ubuntu 16.04 LTS